Saya suka banget sama Quora, Sebuah platform buat belajar hal baru, dan adiktif juga. Pertanyaan di sana menarik banget dari yang tolol sampe yang bikin mikir ada semua.

Artikel ini saya tulis juga karena saya kepikiran saat saya menjawab salah satu pertanyaan di Quora, tentang produktifitas.

sumber: TheNextWeb

Banyak karya, banyak rejeki

Sering kali kalau ngomongin produktifitas, kita cuma melihat dari berapa banyak produk atau karya yang dihasilkan seseorang. Semakin banyak biasa kita akan ngomong “Wah produktif banget ya kamu”.

Pujian yang sama saya terima kalau saya ikut webinar atau saya membagikan buku bacaan yang sedang saya baca. tapi akhirnya saya jadi bertanya-tanya sendiri..

Sebenernya apa sih produktif itu?

Produktif dalam…


Selama pandemi ini saya pertama kali berjumpa dengan dunia komedi, terutama stand-up comedy.

sumber: knowyourmeme.com

Memasuki dunia Komedi Cerdas

Stigma ini juga awalnya saya miliki saat pertama kali saya mengenal Stand-up comedy. Entah kenapa di Indonesia ini Standup Comedy awal mulanya, terkenal sebagai aliran komedi cerdas.

Karena stigma ini, tidak sedikit di kolom komentar video stand-up, orang-orang memuji kecerdasan joke yang dipertunjukan oleh komika (pelaku stand-up).

Menurut saya, kenapa hal ini bisa terjadi karena Stand-up Comedy ini seperti angin segar untuk komedi bertipe slapstick (komedi yang menggunakan fisik) yang biasanya di Televisi, serta beken nya komedi-komedi yang bikin “mikir”

tapi setelah mempelajari banyak hal saya jadi…


Musibah dan kecelakaan bukan hal baru di Indonesia, tapi yang baru terjadi adalah maraknya dark joke dimana netizen yang menggunakan musibah dan kecelakaan sebagai bahan joke.

Misalnya, Kejadian kapal selam yang tenggelam akhir-akhir ini. Banyak netizen yang menggunakan kejadian ini sebagai bahan meme yang bikin beberapa pihak tersinggung bahkan marah.

Tapi pernah nanya gak sih,

Apa yang bikin dark joke lucu?

Buat beberapa orang yang pernah belajar komedi, pasti nggak asing denger formula Mark Twain:

TRAGEDI + WAKTU = KOMEDI

Dari sini kita tau, kalau komedi pada dasarnya adalah tragedi.


Evil menace lurking from the bootleg

Lego, Who doesn’t know this cute little brick which sometimes styled as our favorite comic character?

Lego came from Billund, Denmark. The name “Lego” is Actually derived from the Danish phrase leg godt which means “play well”.

I once had a “Crush” on this little thing when I was a committee of the campus camp, I saw a gift shop that sells one of this iron man mark 42 lego… It was so cute back then.

Ironman lego is the most unique in my opinion because it has a helmet that can be opened to show its face. …

David Sugiarto

Self Proclimed Comedian, World Proclaimed Engineer, God Proclaimed Son

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store